Pembinaan Instruktur Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan Provinsi Jawa Timur



Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan pembinaan instruktur Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan di Hotel Grand Whiz, Trawas, Mojokerto pada tanggal 16-17 Oktober 2018. Agenda ini dihadiri oleh seratus peserta yang terdiri dari ketua Badan Kesatuan Bangsa dan Politik representasi tiap kota, pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama Jawa Timur, para akademisi dan kader Bela Negara.


Acara dibuka oleh Bapak Cahyo mewakili ketua Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jawa Timur. Kemudian materi sesi pertama disampaikan oleh Prof. Anita Lie, MA, Ed.D dengan tema Penguatan Peran Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan dilanjutkan oleh Ucu Martanto, S. IP, MA terkait substansi PERDA Penguatan Toleransi Kebhinnekaan.


Keesokan harinya, materi sesi kedua yang disampaikan oleh ketua Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Banyuwangi tentang pengalaman Pusat Pendidikan dan Wawasan Kebangsaan Kab. Banyuwangi dalam mengimplementasikan peran dan fungsinya. Dilanjutkan penjelasan tentang implementasi pendidikan wawasan kebangsaan dalam menjaga NKRI oleh purnawirawan ‘polisi tanpa seragam’ AKBP Drs. Joko Wiswoto.

Setelah mengikuti acara ini, para peserta diharapkan menjalankan roda pembinaan di wilayahnya masing-masing. Menjalankan peran dan fungsi Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan sesuai dengan maksud dan tujuannya selama ini. Di penghujung acara, narasumber mengutip sebuah quote, “Agama dan Nasionalisme adalah dua kutub yang tidak berseberangan. Nasionalisme adalah bagian dari agama dan keduanya saling menguatkan.”

No comments:

Post a Comment