Konsep Trilogi dalam Islam



Islam merupakan agama mayoritas yang diyakini oleh penduduk bumi. Agama yang sesuai fitrah manusia. Tidak heran jika banyak orang berbondong-bondong masuk Islam. Kenyamanan spiritual, keadilan social, dan persamaan derajat merupakan beberapa hal yang menarik banyak orang memeluk agama Islam. Namun, wajah dunia Islam kini memburam. Kemerosotan moral akibat pengaruh globalisasi merupakan hal utama yang harus diperbaiki.

Di Indonesia, negara dengan penduduk muslim terbesar, tak lepas dari pengaruh globalisasi. Islam seakan hanya sebuah nama. Bagaikan buih di lautan. Banyak orang yang ber KTP Islam, tetapi tidak tahu akan ke-Islamannya. Dalam syarah aqidatul awam karangan Syaikh Muhammad bin Ali Ba’athiyah ad Dauni menyatakan,

Ibarat sebuah gedung besar, Iman adalah pondasinya, Islam adalah bangunannya, dan Ihsan adalah ornamennya. Bangunan besar tanpa pondasi yang kuat niscaya akan roboh berantakan. Terlebih tanpa pondasi sama sekali. Namun betapapun sebuah bangunan yang gagah berdiri di atas pondasi yang kokoh bila tanpa ornament yang menghiasinya, tentu tidak akan tampak indah dan anggun, bahkan mungkin terkesan angker. Jelasnya, iman tercakup dalam ilmu aqidah dan tauhid yang membahas tentang keyakinan dan keesaan Allah SWT. Dan Islam terangkum dalam ilmu fiqih yang mengatur tata cara beribadah kepada Allah SWT. Sedangkan Ihsan terangkai dalam ilmu akhlak dan tashawwuf yang membahas etika dhahir dan batin baik kepada sesama makhluk ataupun kepada al-Khaliq. Untuk mencapai kesempurnaan, tentu ketiganya harus seimbang. Dan kestabilan ketiga pilar utama tersebut akan mengantarkan manusia menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat.

            Sangat benar jika ketiga aspek tersebut harus seimbang dan harus dikuasai oleh setiap muslim. Mulai dari sedini mungkin, memasukkan ketiga aspek tersebut dalam kurikulum pendidikan baik Islam maupun umum. Semuanya wajib mengenyam tiga aspek tersebut bagi yang mengaku Islam. Dan juga bagi seorang pemimpin harus menguasai ketiga ilmu tersebut. Agar negara ini benar-benar menjadi negara merdeka dan negara keselamatan.

No comments:

Post a Comment