Berpikir Tidak Sesulit Itu



Berpikirlah apa yang sekarang terjadi, jangan memikirkan masa lalu dan jangan membayangkan masa depan. Berpikir tidak sesulit itu. Tidak ada hal sulit di dunia ini, yang ada hanyalah tidak adanya konsep berpikir atau sistemisasi agenda yang kurang jelas. Itulah sumber ketidaktenangan. Seseorang yang biasa menuliskan apa yang terjadi akan terhindar dari kebingungan-kebingungan yang sebenarnya bisa dilalui dengan mudah. Oleh karena itu, selain hidup selamanya, dengan menulis seseorang akan terhindar dari kebingungan. Hidupnya senantiasa damai karena langkahnya pasti.

Salah satu karakter seorang ilmuwan adalah mempunyai langkah pasti. Tidak ada keraguan di dalam hatinya karena langkahnya didasari oleh keilmuwan. Obyektivitas sebagai sifat dasar. Indikatornya adalah kemampuan, bukan organisasi, suku, ras, dan agama. Dosen yang ilmuwan, seharusnya mempunyai perilaku yang demikian. Tidak hanya duduk di depan kelas dengan jubah kedosenannya. Menyuruh mahasiswa bercakap tanpa memberikan motivasi pencarian dan membenarkan apa yang kurang benar.

Istana yang paling indah adalah keluarga. Sudah sepantasnya di tengah kesibukan-kesibukan dalam mengukir sejarah, kita tidak boleh melupakan keluarga. Orang-orang yang selama ini mendukung gerak langkah kita. Sosok yang mempengaruhi kesuksesan diri kita di masa depan. Kesadaran untuk kembali sepatutnya dibangun sedari kecil. Sehingga walaupun kita melalang buana ke seluruh penjuru dunia, kita tidak lupa tanah air kita.



Lamongan, 10 April 2015

No comments:

Post a Comment