Ar-Rayyan


Ar-Rayyan adalah salah satu nama surga yang disediakan khusus untuk ahli puasa. Dari segi makna ar rayyan berarti penyegar. Jadi orang-orang yang berpuasa akan mendapat tempat khusus yang akan menyegarkannya. Pemaknaan puasa sendiri berbeda-beda bagi setiap orang, tergantung apa tujuan masing-masing orang. Bagi pemuda, puasa menjadi sebuah keniscayaan. Banyak orang yang melakukan puasa untuk mendapatkan sesuatu, tetapi cukup bagi pemuda dengan harapan dapat terbebas dari bencana.

Pemuda sebagai tonggak perubahan dengan tenaga dan pikirannya yang berada paling puncak dibanding fase pertumbuhan manusia yang lain. Perubahan ini sebuah keniscayaan, tidak ada jaminan bagi siapa pun yang mampu selalu berubah ke arah yang lebih baik. Maka dengan puasa ini lah jalan yang tepat bagi pemuda untuk mendapat yang terbaik dalam hidupnya, minimal terhindar dari malapetaka yang terus menjadi bayangan. Menghantui setiap gerak-gerik dan tingkah polah pemuda di mana pun dan kapan pun. Menjadi bahaya laten, bagaikan harimau yang siap menerkam mangsanya.

Dalam konteks kekinian, adanya reolusi mental yang dikobarkan oleh pemerintah memberikan angin segar dalam peningkatan kualitas rakyat secara rohani. Negara kaya yang dipenuhi dengan tikus-tikus tak ubahnya seperti hutan belantara, hukum pun menjadi tak menentu. Bahkan lebih parah lagi dengan tidak tahunya identitas diri, bak binatang yang terpenjara. Menjadi tontonan menarik bagi setiap pengunjung yang datang. Pendidikan yang katanya memanusiakan manusia tak lepas dari kerangka kekuasaan. Kacau balau, tak tahu arah, berjalan gontai menatap masa depan. 

Dengan puasa inilah kita mampu mengembalikan mental pemuda-pemuda. Sosok luar biasa yang akan merubah dunia, mencerahkan dan tenang dalam menghadapi segala bentuk permasalahan. Puasa sebagai langkah awal dalam revolusi mental, membentuk pribadi-pribadi pencerah membangun negara baru keluar dari zaman ilusi.



Surabaya, 20 April 2015

No comments:

Post a Comment