LPDP Sediakan Beasiswa Khusus Santri

Kebijakan pengembangan pendidikan diarahkan pada tiga aspek, yaitu: perluasan akses, peningkatan mutu dan daya saing, serta tata kelola pendidikan. Perluasan akses merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan angka partisipasi masyarakat di dunia pendidikan. Peningkatan mutu dan daya saing merupakan upaya terus-menerus dalam meningkatkan kualitas pendidikan di semua jenis dan jenjang pendidikan. Sedangkan peningkatan tata kelola merupakan upaya penataan kelembagaan pendidikan agar bermutu, berdaya saing dan bermanfaat bagi masyarakat. Salah satu usaha pemerataan akses dan peningkatan mutu serta daya saing tersebut adalah dengan diselenggarakannya Program Beasiswa Afirmasi Santri oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Republik Indonesia.

Beasiswa LPDP Santri menjadi bagian dari afirmasi dalam memperluas akses santri untuk mendapatkan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi terbaik di dalam maupun luar negeri. Kebijakan ini didasarkan pada fakta posisi strategis pesantren dalam ikut mencerdaskan dan menjaga kedamaian kehidupan bangsa serta untuk mempercepat ketertinggalan eksistensi pondok pesantren di bidang sains dan teknologi untuk penguatan tafaqquh fiddin. Beasiswa LPDP Santri ini berfokus pada upaya mencetak santri ilmuwan yang mumpuni dalam sains-teknologi dan ilmu pengetahuan agama sekaligus.

Beasiswa LPDP Santri ini baru pertama kali digulirkan bulan Desember tahun 2018 kemarin dengan total penerima beasiswa sebanyak 114 orang. Program yang masih terbilang baru lahir ini belum banyak diketahui oleh masyarakat di lingkungan pondok pesantren. Kebanyakan dari mereka tidak tahu bagaimana cara mendapatkan beasiswa serta informasi seputar beasiswa LPDP Santri. Selain itu, penyampaian informasi yang baik dirasa masih belum cukup tanpa ditunjang oleh pelatihan persiapan dan self motovation training untuk melamar beasiswa.

Untuk itu, kami dari PK-144 Cantrikabhinaya Nagarajaya LPDP RI bermaksud menyelenggarakan kegiatan Talkshow Beasiswa LPDP Santri. Acara ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian acara pra PK-144 dalam menuangkan bentuk sosial terhadap para santri, mahasantri dan pengurus pesantren di regional Jawa Timur, Bali, NTB yang membutuhkan bantuan informasi beasiswa serta pelatihan persiapannya.

No comments:

Post a Comment