Kirab Pemuda Nusantara: Berani Bersatu



Dengan mengajar kita belajar. Siang itu saya berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait khazanah kebudayaan Jawa Timur bersama Ketua Dispora Jatim dan perwakilan Kemenpora RI. Agenda tersebut dalam rangkaian kegiatan kirab pemuda. Tembang dolanan para wali dan lagu Bangbang Wetan yang menjadi identitas warga Jawa Timur saya senandungkan.


Kirab Pemuda Nusantara adalah kegiatan yang dilakukan secara rutin oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia setiap tahun. Pawai perjalanan napak tilas kebhinekaan dalam mendirikan dan membangun NKRI, yang dilaksanakan oleh WNI berusia 16-30 tahun (UU no. 40 tahun 2009 tentang kepemudaan), dengan melintasi seluruh provinsi di Indonesia.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dikemas dengan kekinian, kreatif, patriotic, gembira, massal, kompetitif, dan tak terlupakan. Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana tepat untuk memfasilitasi para pemuda agar dapat meningkatkan kreativitas, kapasitas, kemandirian, daya saing, dan nilai patriotism, sehingga dapat membangkitkan semangat nasionalisme untuk membangun bangsa, menjaga kebhinekaan, persatuan dan kedaulatan NKRI.


No comments:

Post a Comment