Seputar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 Provinsi Jawa Timur



Puasa dan upacara adalah dua kutub yang tidak berseberangan. Upacara adalah bagian dari puasa dan keduanya saling menguatkan. Agama-agama ibarat menara-menara yang menjulang tinggi dan Pancasila adalah jembatan yang menghubungkannya.


Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 Provinsi Jawa Timur berlangsung ketika bulan Ramadan (1/6). Praktis semua peserta yang beragam Islam melaksanakan upacara dalam kondisi puasa. Dipimpin oleh Gubernur Jawa Timur, selaku Inspektur upacara dan dikomandani oleh angkatan bersenjata yang bertugas sebagai komandan kapal selam.

Dalam upacara kali ini, lagu-lagu tambahan yang diperdengarkan selain lagu-lagu wajib diantaranya Pancasila Azaz Tunggal, Mars Garuda Pancasila dan Bagimu Negeri. Dibawakan oleh grup paduan suara Jawa Timur Orchestra.


Saya bersama teman-teman Bela Negara mendapat tempat tepat di depan tiang bendera. Di bawah sinar mentari pagi, semua peserta mendengar dengan khidmat arahan dari inspektur upacara yang membacakan sambutan dari Presiden RI. Peringatan hari lahir Pancasila tahun ini mengambil tema, Kita Pancasila: Bersatu, Berbagi dan Berprestasi.





Halaman Gedung Grahadi Jawa Timur
Jumat, 1 Juni 2018

No comments:

Post a Comment