Musalsal bi Awwaliyah: Pintu Gerbang Ahlul Hadis



Bertempat di Ponpes Hidayatul Quran Darul Ulum Jombang (25/4), Syaikh Muhammad Muhyiddin al-Yamani, memberikan ijazah Kitab Bulughul Maram dan kitab-kitab Syafi’iyyah. Rangkaian acara silaturrahim tersebut dihadiri alumnus Sudan dan Pengurus Cabang Istimewa Sudan. Kesempatan pagi ini merupakan pelantikan Ikatan Alumni Nahdlatul Ulama’ Sudan yang dilantik langsung oleh Dr. H. M. Afifuddin Dimyathi, Lc, MA di halaman kediaman beliau.


Sebelum pengijazahan, Syaikh Muhammad Muhyiddin al-Yamani menjelaskan beberapa cara dan syarat pengijazahan. Beliau juga menyampaikan sanad keilmuan hadis beliau hingga sampai ke Rasulullah. Menyampaikan hadis pertama yang disampaikan gurunya kepada beliau.

Musalsal bi Awwaliyah merupakan salah satu model periwayatan hadis dari masa Nabi kepada para perawi secara turun-temurun hingga sekarang. Secara bahasa, musalsal bermakna berturut-turut.  Maka, hadis musalsal bi awwaliyah merupakan hadis yang diriwayatkan secara berturut-turut, yang disampaikan pertama kali.


Kepada para jamaah yang hadir, Syaikh Muhammad Muhyiddin al-Yamani menyampaikan hadis musalsal bi awwaliyah, yaitu lembar pertama dan lembar terakhir kitab Bulughul Maram. Selain itu, beliau juga mengijazahkan kitab Safinatun Najah dan Matan Taqrib.








Ponpes Hidayatul Quran Darul Ulum Jombang
Senin, 25 April 2018

Post a Comment

0 Comments