Gema Kebangkitan dari Timur Jawa



Dari mana kebangkitan nasional harus dimulai? Dari kesadaran pentingnya keutamaan budi: Budi Utama. Belajar pada sejarah, awal abad ke-20 kesadaran itu bukan hanya tercermin dari kelahiran Budi Utama, tetapi juga organisasi sezaman seperti Jamiat Khair (Perkumpulan Kebajikan Budi) dan juga Tri Koro Dharmo (Tiga Tujuan Mulia: sakti, budi, bakti). Budi Pekerti adalah tumpuan utama kebangkitan dan kemajuan. YL


Setelah beberapa kali wilayah Jawa Timur diguncang oleh orang-orang yang kurang berbudi, hari ini (21/5) rakyat Jawa Timur memperingati Hari Kebangkitan dengan melakukan upacara bendera di halaman gedung Grahadi. Dengan penjagaan ketat, upacara berlangsung khidmat dalam suasana bulan Ramadan. Upcara Hari Kebangkitan Nasional kali ini mengangkat tema Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional di Era Digital.


Selain lagu-lagu yang wajib diperdengarkan ketika upacara, upacara kali ini memperdengarkan lagu tambahan, yaitu: Bangkit Indonesia, Kebangkitan dan Cinta Indonesia. Lagu-lagu yang secara tidak langsung membawa ruh nasionalisme ke dalam hati setiap orang yang hadir.


Gerakan Budi Utomo yang lahir 20 Mei 1908 memberikan angin segar menuju kebangkitan Indonesia. Yang didirikan oleh dr. Soetomo dan mahasiswa-mahasiswa STOVIA. Sebuah gerakan yang digagas oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo. Tercatat bahwa Ki Hajar Dewantara menjadi salah satu mahasiswa yang aktif didalamnya.







Gedung Negara Grahadi
Senin, 21 Mei 2018

No comments:

Post a Comment