Tips Masuk Perguruan Tinggi Negeri


Perguruan tinggi yang megah dengan jurusan favorit, itulah yang diidam-idamkan oleh setiap siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya. Tetapi  persaingan masuk perguruan tinggi negeri tak ayal membuat setiap siswa pusing. Makan tidak enak dan tidur tidak nyaman merupakan masalah psikis yang harus dihentikan. Belum lagi menghadapi ujian nasional. Lengkap sudah penderitaan yang dihadapi. Untuk menghilangkan ketidaknyaman itu, wajib membaca sampai selesai. Oke langsunng saja.
 Tips ini aku beri nama Bintang Songo, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Tulis semua program studi yang terlintas dalam pikiranmu (pilih lima program studi ketika waktu pendaftaran semakin dekat)
   2. Sediakan lima kertas kosong, tulis dengan indah dan rapi dalam setiap kertas program studi yang kamu minati
   3. Baca setiap hari agar alam bawah sadarmu yang menuntunmu
   4. Mintalah pendapat guru-guru dan orang tua serta lembaga bimbingan belajar yang kamu ikuti

5.        Sampai detik-detik pengisian form SNMPTN pilih dua kertas yang paling kamu yakini. Tentu dengan pertimbangan yang telah kamu dapatkan dari orang-orang disekitarmu
6.        Untuk yang muslim, belum lengkap rasanya jika tidak melakukan salat istikharah
7.        Pilih satu kertas yang paling kamu yakini (pilihan pertama), pilihan selanjutnya sesuaikan dengan keyakinanmu
8.        Minta izin orang tuamu khususnya ibumu, jika kamu akan memilih PTN itu
9.        Mengisi form SNMPTN sesuai kertas yang dipilih

Terus berdoa dan belajar agar kamu bisa menuntut ilmu sesuai dengan kemampuanmu. Hidup adalah pilihan. Jangan ikut-ikutan, karena setiap orang punya potensi yang berbeda. Fokuslah, tentukan pembeda abadi kamu. Setiap manusia bisa melakukan segala hal, namun hanya satu yang paling disukai dan dikuasai, jadi fokuslah. Manusia tidak akan nyaman duduk diantara dua kursi.

Manusia merupakan makhluk monodualisme. Artinya, manusia menjadi ahli dalam satu hal, dan dengan banyaknya manusia dengan keahlian yang berbeda-beda, maka manusia akan tolong-menolong untuk kelangsungan hidupnya. Manusia selamanya tidak akan bisa hidup sendiri. Jadi, Fokuslah.....!!! Valentino Rossi adalah seorang pembalap, bukan berarti dia tidak bisa bermain sepak bola. Buanglah ego kalian untuk menguasai segala hal hanya untuk pujian, karena pujian adalah hembusan nafas syetan. Dan syetan selamanya adalah musuh kita bersama ila yaumil qiyamah. Waspada dan Fokuslah....!!!

Demikian Sahabat, semoga apa yang kamu pilih menjadi kenyataan. Jangan lupa selalu berdoa, agar langkahmu selalu diberi kekuatan dan jalanmu diberi kemudahan. Selamat mengerjakan Ujian Nasional, dengan jujur yaa. Aku tunggu di dunia perkuliahan. Salam Mahasiswa !!!

No comments:

Post a Comment