Mulai Dari Diri Sendiri (Kompas Kampus)


Kecelakaan merupakan momok yang paling menakutkan di jalan raya. Tidak peduli tua, muda, sendiri, kelompok, semuanya berpeluang mengalami kecelakaan ketika tidak mempunyai etika yang baik dalam berkendara. Saling serobot, saling salip, dan tidak menghargai sesama pengguna jalan raya merupakan perilaku yang harus diubah. Demi menjaga diri kita dari kecelakaan lalu lintas.

Jalan satu-satunya untuk terhindar dari kecelakaan adalah mematuhi aturan lalu lintas. Kita tidak perlu mengoreksi dan mengatur bagaimana etika orang lain di jalan raya. Tetapi cukup dimulai dari diri kita sendiri. Ketika setiap pengguna jalan sadar akan pentingnya etika baik dalam berkendara, maka jalan raya bukanlah menjadi pilihan tempat untuk meninggalkan dunia yang indah ini.

Polisi sebagai pembuat kebijakan dan pengawal lalu lintas sangat sentral perannya dalam menindak setiap pelanggaran yang terjadi di jalan raya. Namun, sayangnya sebagian aparat menyalahgunakan amanahnya dengan menerima sumbangan dari masyarakat. Ketegasan dan keberanian mutlak sangat diperlukan. Semua itu dimulai dari diri kita sendiri.  Kesejahteraan berlalu lintas tidak akan terwujud tanpa ada kesadaran dalam diri masing-masing.

No comments:

Post a Comment