Lapang



Kunjungan siswa Madrasah Aliyah Al-Amiriyah Banyuwangi ke kantor PWNU Jawa Timur siang ini berlangsung meriah. Adik-adik sangat antusias dalam mengikuti jalannya acara. Kunjungan ini merupakan rangkaian Praktek Kerja Lapangan yang diselenggarakan madrasah untuk siswa jurusan agama. Setelah dari sini, rombongan akan melanjutkan studi ke Kompleks Makam Sunan Ampel untuk lebih mendalami falsafah Moh Limo Kanjeng Sunan Ampel.


Banyuwangi, dikenal sebagai Blambangan di masa lalu, kampung halaman Joko Samudro (Sunan Giri Kecil). Menurunkan Sayyid Abdullah yang lebih dikenal dengan Joko Tingkir. Demikian garis keturunan K.H Hasyim Asy’ari hingga sampai kepada Gus Dur. Sosok sederhana yang fotonya bisa kita temukan di seluruh rumah ibadah agama apapun.

Joko Samudro, putra Maulana Ishaq dan Dewi Sekardadu, cucu Raja Blambangan yang merupakan cicit dari Prabu Brawijaya, Raja Majapahit terakhir. Ditemukan di tengah samudera perairan Gresik oleh seorang nelayan dan diambil anak oleh Nyai Ageng Pinatih, ibu kandung Syaikh Manganti (Syaikh Manganti adik tiri Sunan Giri).

Diskusi siang ini membahas tentang peran Kiai dan Santri dalam merebut dan mengisi kemerdekaan. Bermula dari Ir.Sukarno yang bertanya kepada K. H. Hasyim Asy’ari terkait hokum melawan penjajah, maka tercetuslah Resolusi Jihad. Dari sinilah cikal bakal pertempuran 10 Nopember, yang kini diperingati sebagai Hari Pahlawan. Di kota ini juga sebagai awal mula gerakan santri yang menentang ide penggusuran makam Rasulullah dan jejak-jejak Islam lainnya.


Singkat cerita, tidak perlu menjelekkan orang untuk menyatakan karya kita yang terbaik. Sesama muslim adalah saudara. Kalaupun tidak seiman, kita adalah saudara sebangsa dan setanah air. Kalaupun bukan keduanya, kita sama-sama manusia, masterpiece Tuhan Yang Maha Esa. Bagaimanapun keadaan orang tua, orang tua tetaplah orang tua yang wajib dihormati. Lapang dada menyikapi perbedaan sebagai kunci menghadapi dunia modern yang penuh tipu muslihat.
  






Aswaja Center PWNU Jatim
Rabu, 18 April 2018

No comments:

Post a Comment