Integrasi Open Journal System dengan Sistem Repositori Ilmiah Nasional sebagai Upaya Preservasi Data Jurnal Ilmiah di Indonesia



Pernahkah ketika membaca sesuatu, otak ini terasa mandeg dan tidak paham sama sekali? Hal itu sering terjadi ketika kita membaca bahasa asing atau hal-hal yang baru kita alami. Hal ini bisa kita anggap sebagai peningkatan pengetahuan dengan harapan mampu meningkatkan kualitas diri menjadi diri yang sejati. Ini yang saya rasakan ketika membaca judul di atas. Judul tersebut merupakan tema diskusi yang tertera di undangan yang dikirim oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Diskusi tersebut akan digelar pada tanggal 7 Agustus 2018 mendatang di Jakarta.

Selain materi yang akan disampaikan, hal-hal menarik bagi saya ketika kita mengalami kesulitan adalah dipertemukannya kita dengan orang-orang baru yang membuat kita semakin semangat dalam belajar, selain juga memperluas jaringan dan menambah wawasan. Bahkan bonus tersebut mungkin akan lebih bermanfaat di masa depan dari pada materi yang kita anggap sulit hari ini.


Tulisan ini hanya sekedar refleksi malam, berharap ada orang yang mau membimbing, berbagi pengalaman dan memberi arahan di bidang ini sebelum saya berpartisipasi dalam diskusi tersebut. Bertemu dan bersilaturrahim dengan para ahli lebih saya sukai, namun bisa dimungkinkan komunikasi itu melalui email ardiansyahbagus110@gmail.com jika jarak kurang efektif untuk bertemu. Hasil dari workshop akan dibagikan dikemudian hari. Insya Allah, Matur nuwun!

No comments:

Post a Comment