Mutiara Hikmah Habib Umar Al-Hadi bin Hamid Al-Jailani dalam Haul Akbar Ponpes Al-Fitrah Kedinding Surabaya 2018



Al-Habib mengawali ceramahnya dengan memuji jamaah yang hadir. Alangkah beruntungnya siapa saja yang hadir dalam majelis ini, majelis manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani, majlis dzikir, majlis kirim doa dan majlis shalawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.

Inilah Riyadhul Jannah, Taman Surga, barangsiapa melewatinya sangat dianjurkan untuk mengikutinya. Penyakit-penyakit hati seperti hasad, dengki, iri dan sombong insya allah akan disembuhkan oleh Allah SWT.

Al-Habib mengajak para jamaah untuk senantiasa bersyukur. Tidak ada kenikmatan melebihi nikmat sebagai umat Rasulullah Muhammad SAW. Pandangan kasih sayang Allah semoga senantiasa diberikan seperti kepada kekasih-Nya.

Al-Habib menekankan agar saling tolong menolong dan bersatu dalam kebaikan. Mengamalkan apa yang diajarkan oleh Rasulullah, senantiasa mengkaji Al-Qur’an dan mencintai ahlul bait. Jangan berdusta dan selalu tingkatkan taubat. Tidak ada perbedaan antara orang Arab dan orang ajam, yang membedakannya hanya taqwa.

Al-Habib menitipkan lima hal: shalat 5 waktu ditambah tahajjud dan isyraq, birrul walidain, qiraatul Qur’an, memperbanyak shalawat dan saling mengasihi antarsesama manusia.

Al-Habib menekankan agar jangan mendekati orang-orang atau sekelompok orang yang berpaling dan membenci majlis-majlis dzikir, majlis kirim doa dan majlis sholawat. Disarankan kepada orang tua agar mendidik putra-putrinya sejak dini, mengenalkannya kepada auliya’, baik yang masih hidup maupun yang sudah berpulang dengan menziarahi makamnya. Mengajarkan adab dan tata cara berdoa serta senang berkumpul dengan ulama’ seperti dalam majlis seperti ini. Berpikir harus diimbangi dengan dzikir, jika tidak, akan menghasilkan para pembenci, menjelek-jelekkan para ulama’ dan perkataannya tak perlu ditiru.

Al-Habib mendoakan kepada semua jamaah agar hajatnya tertunaikan, cita-citanya terkabulkan dan kebutuhannya tercukupi. Terjaga lisan dan amaliyahnya.

Selain Habib Umar, beberapa Habib juga memberikan mauidhah hasanah dan yang lain membawakan qasidah. Habib Ghulam Al-Qadiri Al-Kashmiri menyampaikan salah satu ayat Al-Qur’an bahwa tidak ada ketakutan dan kesedihan kecuali kepada Allah SWT. Anjuran untuk senantiasa mengikuti dan mentaati auliya’. Beliau juga mendoakan semoga semuanya meninggal dalam keadaan khusnul khatimah.








Ponpes Al-Fitrah, Kedinding, Surabaya
Sabtu-Ahad, 21-22 April 2018

No comments:

Post a Comment