Madzhab Pencerahan


Di antara yang paling penting yang telah aku pelajari dan aku dapatkan dari kehidupan sosial manusia adalah bahwa yang paling layak untuk dicintai adalah cinta itu sendiri, dan yang paling layak dimusuhi adalah permusuhan itu sendiri.  Selaras dengan ajaran Islam yang memerintahkan untuk membenci atau mencintai tidak secara berlebihan. Dan yang perlu ditegaskan bahwa membenci atau mencintai itu bukan pada subyeknya, tetapi pada tingkah lakunya.

Setidaknya itu yang melintas dipikiranku selama menikmati liburan di rumah. Tempat saya bermain dan menghabiskan waktu bersama sahabat-sahabat. Salah satu hal yang hilang ketika di rumah ialah kehilangan cita rasa. Padahal masakan sang ibu sangat enak dibanding makanan yang kutemukan di jalanan. Dan kelemahan terbesar manusia ketika perutnya penuh. Akalnya akan dipenuhi kenyamanan sehingga mudah untuk ditaklukkan.

Sementara itu, waktu-waktu saya manfaatkan untuk membaca dan mengerjakan tugas yang harus saya selesaikan. Sembari berinteraksi dengan tetangga dan anak-anak mereka yang sengaja berkumpul di halaman rumah setiap sore. Secangkir kopi menambah kehangatan malam ini, dengan beberapa hidangan yang lezat.




Lamongan, 11 April 2015

No comments:

Post a Comment