Kebangkitan Ilmuwan



Hari ini adalah hari ulang tahun Nahdlatul Ulama’. Salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia. Banyak ucapan dan harapan dari kaum Nahdliyyin di seluruh penjuru dunia. Impian-impian untuk hidup tenang, tentram, sejahtera dan bisa beribadah dengan nyaman. Memang tak bisa dipungkiri bahwa organisasi ini yang mampu mengintegrasikan antara negara, agama, dan tradisi.

Aktivitas pagi ini di isi dengan khatmil qur’an di salah satu rumah warga. Sudah menjadi suatu tradisi bagi santri pondok ini. Namun, di situasi seperti sekarang ini, hanya segelintir santri yang masih ada di pondok. Liburan kuliah menyebabkan suasana pondok menjadi sepi.

Siang hari, saya berselancar di dunia maya. Turunnya hujan menyebabkan gazebo menjadi ramai. Beberapa tukang bangunan yang masih beristirahat pun juga istirihat sejenak. Hari-hari hanya diisi dengan bersantai. Bebas dari rutinitas keseharian.

Di penghujung hari, saya bersama sahabat Fikri mengunjungi Pasar Ikan Hias. Ini pertama kalinya bagi saya. Berkeliling pasar sambil menyaksikan beberapa hewan peliharaan menimbulkan keinginan untuk memilikinya. Ciptaan Tuhan yang begitu agung, mempunyai rahasia dan makna di setiap ciptaan. Sepanjang perjalanan kami senantiasa di guyur rintik-rintik hujan. Walaupun tak seberapa deras, cukup membasahi sekujur tubuh.





Ponpes Darul Arqam
Sabtu, 31 Januari 2015

No comments:

Post a Comment