Air Mata di Ujung Sajadah (2023) Film Review

 

Film Air Mata di Ujung Sajadah merupakan film drama keluarga Indonesia yang dirilis pada tahun 2023. Film ini disutradarai oleh Key Mangunsong dan dibintangi oleh Titi Kamal, Fedi Nuril, dan Citra Kirana. Film ini mengisahkan tentang Aqilla (Titi Kamal), seorang desainer interior yang tinggal di Eropa. Ia telah lama menjanda dan tidak memiliki anak. Suatu hari, Aqilla menerima kabar bahwa anaknya, Baskara, ternyata masih hidup dan diasuh oleh Arif (Fedi Nuril) dan Yumna (Citra Kirana), pasangan yang tidak bisa memiliki anak. Aqilla pun memutuskan untuk kembali ke Indonesia untuk menemui Baskara. Ia ingin merebut anaknya kembali, namun ia juga merasa kasihan kepada Arif dan Yumna yang telah membesarkan Baskara dengan penuh kasih sayang.


Film ini mengangkat tema yang cukup kompleks, yaitu tentang hak asuh anak. Film ini berusaha untuk mengeksplorasi sudut pandang dari berbagai pihak yang terlibat, yaitu Aqilla, Arif, Yumna, dan Baskara sendiri. Secara keseluruhan, film ini cukup berhasil dalam menyampaikan pesannya. Film ini mampu menghadirkan emosi yang kuat dan membuat penonton ikut merasakan dilema yang dialami oleh para karakternya.

 

Berikut adalah beberapa poin positif dari film ini:

§  Akting yang memukau dari para pemainnya. Titi Kamal, Fedi Nuril, dan Citra Kirana semuanya memberikan akting yang sangat baik. Mereka mampu menghidupkan karakter mereka masing-masing dengan sangat meyakinkan.

§  Cerita yang menarik dan menyentuh hati. Film ini berhasil mengeksplorasi temanya dengan baik dan menghadirkan emosi yang kuat.

§  Penampilan visual yang apik. Film ini memiliki sinematografi yang indah dan musik yang mendukung suasana.

 

Namun, film ini juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

§  Alurnya yang cukup lambat di beberapa bagian.

§  Pembahasan tentang hak asuh anak yang kurang mendalam.

 

Secara keseluruhan, film Air Mata di Ujung Sajadah adalah film yang layak untuk ditonton. Film ini menawarkan kisah yang menarik dan menyentuh hati. Film Air Mata di Ujung Sajadah menyampaikan beberapa pesan moral yang penting, yaitu:

·      Hak asuh anak adalah hak yang harus dilindungi. Anak berhak untuk dibesarkan oleh orang tua yang mencintai dan merawatnya.

·    Keikhlasan adalah kunci untuk meraih kebahagiaan. Aqilla akhirnya menyadari bahwa ia harus merelakan Baskara untuk dibesarkan oleh Arif dan Yumna. Ia pun menemukan kebahagiaan baru dalam hidupnya, yaitu dengan membantu Arif dan Yumna untuk merawat Baskara.

·      Selain pesan moral tentang hak asuh anak dan keikhlasan, film Air Mata di Ujung Sajadah juga menyampaikan pesan moral lainnya yang tidak kalah penting, yaitu:

·   Pentingnya keluarga. Keluarga adalah tempat di mana kita bisa menemukan cinta, kasih sayang, dan dukungan.

·    Pentingnya saling memaafkan. Aqilla dan Arif awalnya saling membenci. Namun, mereka akhirnya dapat saling memaafkan dan membangun hubungan yang baik.

·   Pentingnya menerima takdir. Aqilla awalnya tidak bisa menerima kenyataan bahwa Baskara telah dibesarkan oleh Arif dan Yumna. Namun, ia akhirnya dapat menerima takdir dan menemukan kebahagiaan baru dalam hidupnya.

 

Berikut adalah beberapa film luar negeri yang mirip dengan film Air Mata di Ujung Sajadah:

§  The Impossible (2012). Film ini mengisahkan tentang seorang ibu yang berjuang untuk menemukan putranya yang hilang setelah tsunami menghantam Thailand pada tahun 2004. Film ini juga mengangkat tema tentang kasih sayang seorang ibu dan kekuatan cinta.

§  The Kids Are All Right (2010). Film ini mengisahkan tentang dua pasangan lesbian yang membesarkan dua anak. Ketika anak-anaknya menemukan bahwa mereka memiliki ayah biologis, mereka pun memutuskan untuk mencarinya. Film ini mengangkat tema tentang keluarga, cinta, dan penerimaan.

§  The Blind Side (2009). Film ini mengisahkan tentang seorang wanita kaya yang memutuskan untuk mengadopsi seorang anak laki-laki remaja yang miskin dan memiliki masalah perilaku. Film ini mengangkat tema tentang cinta, penerimaan, dan kekuatan keluarga.


Ketiga film ini memiliki kemiripan dengan film Air Mata di Ujung Sajadah dalam hal tema, yaitu tentang keluarga, cinta, dan penerimaan. Film-film ini juga menawarkan kisah yang menarik dan menyentuh hati.

 

 

Post a Comment

0 Comments