دورة تدريبية لتأليف التراث الإسلامي - PENDIDIKAN KADER MUALLIF


Pendidikan Kader Muallif merupakan salah satu program unggulan PW LTN NU Jawa Timur dalam rangka menjaga sekaligus penguatan terhadap tradisi literasi di pesantren. Secara umum, program ini bertujuan untuk melakukan penguatan literasi berupa penyusunan kitab yang dapat digunakan sebagai media transfer dan transmisi ilmu pengetahuan di kalangan pesantren.


Pentingnya program ini karena, pesantren selain menjadi pusat kajian dan praktik keislaman di Nusantara, juga terbukti memiliki pengaruh besar dalam memberikan pemahaman, penghayatan, dan dan pengamalan ajaran Islam (tafaqquh fiddin)dalam kehidupan masyarakat. Sementara tradisi literasi di pesantren, melalui khazanah klasik berupaturats atau dikenal dengan kitab kuning (yellow book) diakui telah menjadi salah satu sistem nilai dalam kehidupan masyarakat pesantren.


Sebagai lembaga yang bertugas dalam pendidikan literasi, LTN NU Jawa Timur memiliki kewajiban untuk melaksanakan pelatihan dan pembinaan terkait pelatihan penyusunan kitab bagi kalangan pesantren” (dauroh tadribiyah li ta’lif al turats al islamy), atau yang kami sebut Pendidikan Kader Muallif (PKM).

TUJUAN KEGIATAN

§ Membangkitkan kesadaran literasi kalangan pesantren mengenai pentingnya tradisi penyusunan kitab di pesantren;

§ Meningkatkan wawasan dan kemampuansantridalam menyusun kitab di pesantren yang dikhususkan pada kitab-kitab mukhtashor/muqtathofat;

§ Meningkatkan keterampilan dalam penyusunan kitab untuk kepentingan pembelajaran di pesantren dan dakwah keislaman yang dikhususkan pada kitab-kitab mukhtashor/ muqtathofat;

§  Membangun jaringan intelektual santri yang concernpada penulisan kitab;

TARGET KELUARAN KEGIATAN

§  Bangkitnya kesadaran literasi mengenai pentingnya penyusunan kitab di pesantren;

§ Peserta memiliki wawasan dan kemampuan dalam menyusun kitab yang dikhususkan pada kitab-kitab mukhtashor/muqtathofat;

§ Peserta memiliki keterampilan dalam menyusun kitab yang dikhususkan pada kitab-kitab mukhtashor/muqtathofat;

§  Adanya wadah/jaringan santri dalam penyusunan kitab;

MATERI PELATIHAN

Desain pendidikan dan materi yang disajikan dalam kegiatan ini terinspirasi dari gabungan beberapa mata kuliah yang diajarkan dalam Perguruan Tinggi, yaitu Kitabah Ibda'iyah (Creative Writing), Tathwir al Mawad al Ta'limiyah (Development of Teaching Materials), Maharat al Kitabah (Writing Skills), dan kajian Teks Klasik (philology). Adapun materi pelatihan disajikan dalam bentuk ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, praktikum, pemberian tugas individual, dan pendampingan teknis (coaching) selama 3 (tiga) bulan setelah kegiatan. 

 

Materi Sesi 1

http://www.mediafire.com/file/pvjaw7ec2fclf0a/Sesi_1._Dr._KH._M._Afifuddin_Dimyathi.ppsx.zip/file

Referensi

http://www.mediafire.com/file/klqeldz0zp77lmx/Referensi.zip/file

No comments:

Post a Comment