Tekad Baja


Beasiswa merupakan piala emas di dunia pendidikan. Setiap orang mendambakan memperoleh beasiswa, baik dari kalangan keluarga kurang mampu maupun orang kaya. Dalam perjalanannya, terjadi polemik dalam pemberian beasiswa. Adanya kecemburuan sosial antara penerima beasiswa dari kalangan ekonomi menengah ke bawah dan menengah ke atas.

Solusi terbaik dalam pemberian beasiswa adalah dengan adanya kategori penyeleksian. Calon penerima dikategorikan menjadi dua kelompok. Satu kelompok boleh diikuti dari semua kalangan dan kelompok yang lain hanya boleh diikuti dari kalangan ekonomi menengah ke bawah dengan menunjukkan surat keterangan tidak mampu dari desa atau kelurahan tempat tinggal masing-masing.

Kategori pertama untuk semua orang tentunya berpeluang besar diperoleh dari kalangan keluarga menengah ke atas. Dengan kelengkapan fasilitas dan kebutuhan sosial yang cukup, akan memberikan lebih banyak waktu belajar. Sehingga bisa memperoleh nilai akademik tinggi.

Pemberi beasiswa harus teliti dalam menyeleksi, jangan sampai dua kategori diterima oleh satu nama. Tidak penting mempermasalahkan status sosial, yang terpenting ialah tekad dan semangat yang selalu berkobar untuk selalu belajar. Rakus akan ilmu dan memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk memperoleh prestasi terbaik.

No comments:

Post a Comment