Solusi Tanggap Bencana


Fenomena alam merupakan suatu hal yang sangat mengagumkan bagi setiap orang. Menyuguhkan berbagai keajaiban dan keindahan yang begitu megah mempesona. Menorehkan pengalaman yang mendalam, membekas dalam memori. Namun, semua itu tidak akan terjadi jika fenomena alam datang berlebihan dan  melampaui batas. Musibah kelam yang merenggut jiwa dan harta, meluluhlantakkan semua kehidupan yang ada. Menjadi kenangan dan ingatan buruk yang akan melekat dalam memori.

Banjir, gunung meletus, tanah longsor, merupakan fenomena yang paling sering terjadi. Tidak perlu mencari siapa yang salah dan siapa yang benar, yang paling penting bagaimana menanggulangi dan mengantisipasi bencana tersebut agar tidak merenggut banyak jiwa dan kerugian material.

Sosialisasi kepada khalayak luas, memberikan pelajaran tanggap bencana di setiap jenjang pendidikan, dan implementasi pengetahuan dalam siaga bencana dengan mengadakan simulasi-simulasi tanggap bencana di setiap daerah merupakan pekerjaan rumah bagi pemerintah. Bukan membuat-buat bencana dengan memakan uang rakyat.

No comments:

Post a Comment