Sesuai Kodrat


Manusia mempunyai hak yang sama dalam konteks keseimbangan. Laki-laki membutuhkan perempuan dan begitu pun sebaliknya, perempuan membutuhkan laki-laki. Keahlian yang dikuasai dua jenis manusia pun berbeda sesuai kemampuan masing-masing. tetapi tidak sedikit beberapa keahlian yang bisa dikuasai keduanya. Yang menjadi masalah utama adalah hanya sedikit orang yang memahami batasan laki-laki dan perempuan.

Suatu hal yang mungkin dan pantas dilakukan oleh keduanya, maka ukurannya adalah kemampuan bukan jenis. Sedangkan suatu hal yang mungkin dan pantas dilakukan hanya salah satu jenis, maka harus sadar diri dan menjalankan kehidupan sesuai kodrat. Tidak memaksakan kehendak pribadi atau pemaksaan kehendak bisa jadi hanya untuk popularitas.

Dalam konteks keluarga, tentu yang menafkahi dan menjadi kepala keluarga adalah laki-laki. Namun, tidak berarti perempuan hanya tinggal diam. Banyak hal yang bisa dilakukan demi keharmonisan keluarga. Perbedaan itu bukan berarti diskriminasi dan kesetaraan itu tidak harus sama. Tetapi bagaimana setiap laki-laki atau perempuan menjalani kehidupan sesuai kodrat penciptaannya.

No comments:

Post a Comment