Penghargaan dan Perlindungan


Berprestasi dan menghasilkan sebuah karya merupakan impian setiap mahasiswa. Menjadi kebanggaan tersendiri apabila karya tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat. Inovasi-inovosi yang dihasilkan menunjukkan kegigihan dan kesungguhan mahasiswa dalam belajar atau sebuah hobi yang telah ditekuni. Berkarya dan berprestasi di bidang masing-masing berarti meneruskan perjuangan para pendahulu dalam mengisi kemerdekaan untuk mengharumkan nama bangsa.

Prestasi-prestasi anak bangsa sudah sepantasnya di berikan penghargaan. Selain sebagai hadiah, adanya penghargaan juga sebagai daya pikat agar inovasi-inovasi lain dapat muncul di nusantara. Bertebaran di setiap penjuru daerah dari sabang sampai merauke. Sehingga, pemberian penghargaan tersebut akan memperkuat rasa nasionalisme terhadap NKRI.

Penghargaan terhadap setiap inovasi anak bangsa tentu tidak lengkap tanpa adanya perlindungan terhadap karya tersebut. Pemerintah harus bergerak cepat terhadap karya intelektual sebagai harta Negara. Sebelum karya-karya tersebut ditiru, dirampas, dan diambil pihak asing. Ketika penghargaan dan perlindungan terhadap karya intelektual anak bangsa berjalan sinergis, tentu akan bertebaran inovasi yang dihasilkan.

No comments:

Post a Comment