Pelajaran Hidup


Setiap orang mempunyai jalan hidupnya masing-masing. Namun, bukan berarti setiap jalan selalu berbeda dan tidak bersinggungan dengan jalan orang lain. Jalan seseorang pasti bersinggungan dengan jalan orang lain. Persinggungan tersebut bertemu ketika manusia mempunyai hobi, kebiasaan atau cita-cita yang sama. Sehingga seseorang bisa mengidolakan orang lain karena faktor-faktor tertentu.

Efek dari pengidolaan adalah selalu mengikuti langkah sang idola. Menjadi follower seorang idola akan mendatangkan banyak keuntungan. Seseorang akan selalu termotivasi untuk menjadi lebih baik sepeti sang idola. Semangat yang terus membara memberikan efek positif bagi diri sendiri. Cita-cita yang tumbuh subur dan iopian-impian yang tak akan pernah mati untuk dicapai seperti sang idola.

Namun ketika seseorang tenggelam terlalu dalam sebagai follower, akan menumbuhkan sifat fanatik dan menghilangkan karakter dirinya. Seseorang akan berusaha menyamakan diri terhadap sang idola. Dengan demikian, akan menghilangkan nilai-nilai kebenaran karena apa yang dilakukan sang idola adalah sebuah kebenaran.

No comments:

Post a Comment