Nilai Kehidupan


Roda kehidupan akan selalu berputar. Mengerjakan tugas pekerjaan domestik di rumah merupakan sebuah pembelajaran. Pembelajaran tentang pentingnya nilai kehidupan. Setiap inividu seyogyanya sadar dan harus melewati proses ini, karena keluarga merupakan pendidikan yang utama.

Tugas-tugas domestik mutlah sangat diperlukan. Ilmu pada hakikatnya berasal dari realitas. Teori hanyalah inspirasi untuk mempertajam analisis dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dalam kehidupan. Setiap individu menempuh pendidikan secara formal, namun semua itu tidak ada artinya bila kita menarik diri dari realitas. Segalanya tidak bisa dibeli dengan uang. Suatu saat seseorang akan sampai dimana uang tidak akan berguna dan harus menyelesaikan kebutuhan sehari-harinya sendiri.

Dalam konteks mahasiswa kita harus kembali kepada tridharma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Ketiga entitas tersebut harus berjalan beriringan. Tidak hanya menerima pelajaran di bangku kuliah dan apatis terhadap realitas. Namun, kita harus peka terhadap realitas kehidupan untuk mengambil nilai yang terkandung di dalamnya.

No comments:

Post a Comment