Musikalisasi Demonstrasi


Demonstrasi sebagai salah satu cara menyuarakan aspirasi di muka umum menjadi pilihan utama bagi mahasiswa. Aksi turun ke jalan ini tentunya akan mendapatkan apresiasi dari semua kalangan apabila menghasilkan kebijakan yang memihak rakyat dan dilakukan dengan cara yang benar.

Realitasnya, aksi demonstrasi masih diwarnai dengan tindak anarkis, perusakan fasilitas umum, dan  pemusnahan tanaman. Aksi tersebut bukanlah esensi dari demonstrasi, lebih tepatnya kedangkalan kreativitas dan kebodohan semata. Bukan popularitas dan pujian bak pahlawan yang akan diterima, melainkan sebaliknya yaitu sebagai penjajah dan penjahat lingkungan.

Tentu akan lain halnya apabila demonstrasi dilakukan bersamaan dengan aksi tanam seribu pohon di sepanjang jalan yang dilalui. Akan lebih baik lagi apabila aksi tersebut dikemas dalam bentuk drama yang berjiwa seni tinggi. Hal itu akan semakin menarik warga untuk ikut berpartisipasi, sehingga demonstrasi tidak monoton seperti halnya sekarang. Demonstrasi menjadi bervariasi layaknya sebuah nada dalam alunan musik.

No comments:

Post a Comment