Menambah Pengalaman


Kampus sebagai media dalam mengasah intelektualitas memang harus bersih dari panasnya pertarungan politik. Namun, hal itu bukan menjadi sebab bagi mahasiswa untuk menutup terhadap pergulatan politik. Mahasiswa dengan idealisme yang tinggi sangat diperlukan dalam menentukan para pemimpin. Kita menerima pendidikan di kampus dan selayaknya dikembangkan dalam bentuk penelitian dan pengabdian masyarakat dalam menentukan kualitas pemimpin.

Jarang sekali organisasi kampus yang mewadahi aspirasi politik. Yang ada hanyalah organisasi kampus yang menjalin kerja sama dengan partai politik. Namun, keterbatasan itu bukan menjadi alasan bagi mahasiswa untuk apatis terhadap politik. Banyak organisasi yang dibentuk oleh partai politik yang mewadahi mahasiswa. Mahasiswa bisa memanfaatkannya untuk menambah wawasan dan memperluas pengetahuan serta membangun jaringan.

Tidak pantas ketika kita hanya bisa menkritik tingkah para elite politik. Sedangkan kita menarik diri terhadap politik itu sendiri. Kita harus masuk kedalamnya dan merubahnya untuk menjadi lebih baih. Jadi, bukan hanya komentar, namun tindakan pasti.

No comments:

Post a Comment