Keamanan dan Kenyamanan



Keamanan merupakan salah satu faktor kelangsungan hidup manusia. Penjaga keamanan lalu lintas yang secara langsung berinteraksi dengan masyarakat dalam rangka memberikan kenyamanan khususnya dalam berkendara tentu mempunyai andil besar. Tidak berlebihan jika disebut sebagai guru etika, pendidik dalam berkendara dan penghukum dalam pelanggaran lalu lintas.

Sebagai pendidik, instansi penjaga lalu lintas tersebut sedikit banyak berpengaruh dalam menentukan keberhasilan keterampilan berkendara. Keberhasilan tersebut akan tercapai apabila dalam ujian untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi (SIM) dilakukan dengan benar. Ketidakmampuan dalam ujian seharusnya menjadi motivasi untuk belajar, bukan motivasi untuk mengeluarkan uang. Menjadi rahasia umum bila sebagian sang pendidik masih mau menerimanya.

Sebagai penghukum, tentu harus bertindak tegas dengan segala pelanggaran. Ketidaktaatan, ketidakteraturan dan ketidaksopanan menjadi hal yang harus ditindak sesuai aturan yang berlaku, bukan ajang mencari recehan. Ketika semua itu menjadi hal biasa, lantas siapa yang disalahkan? Perubahan pola pikir dengan menjadikan SIM sebagai kartu keselamatan, bukan sekedar formalitas untuk memperoleh keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Salam professional…!!!

No comments:

Post a Comment