Instan Bukan Pilihan



          Mahasiswa merupakan cermin masa depan bangsa. Kehidupan suatu bangsa ditentukan bagaimana kualitas pemuda bangsa tersebut. Kehidupan sosial kampus menjadi tolak ukur kemajuan bangsa. Mahasiswa belajar dengan tekun dan semangat  untuk meningkatkan kualitas diri, yang secara tidak langsung mengembangkan sumber daya manusia bangsa ini. Namun, semangat belajar terkadang tidak dibarengi dengan perhatian kesehatan pada masing-masing individu. Terlepas dari label akademis, aktivis, atau akademis-aktivis yang melekat pada tiap individu, kesehatan patutnya menjadi prioritas pertama.

          Kesehatan adalah faktor terpenting penunjang aktivitas mahasiswa di dunia kampus. tidak akan berdaya jika mahasiswa terlena dengan tujuan dan cita-citanya, tanpa memperhatikan  ketahanan daya tubuh. Cerdas di kelas dan aktif di luar kelas merupakan kombinasi yang bagus, tidak berat sebelah. Nutrisi, istirahat, dan daya tahan tubuh seharusnya diatur untuk memperoleh prestasi terbaik. Bukan sebaliknya, terpuruk dalam ketidakberdayaan.

Olahraga dengan memperhatikan asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh dapat menjaga tubuh dari kelelahan. Keaktifan mahasiswa di kampus terkadang melalaikan kebiasaan olah raga tiap pagi. Ini kebiasaan yang salah. Kegiatan di kampus seharusnya tidak membuat hidup kita menjadi instan, yang menimbulkan efek yang tidak baik secara jangka pendek maupun jangka panjang.

No comments:

Post a Comment